Jumat, 11 September 2009

Menjamur'y Drama asia

Seiring dengan populernya barang-barang Korea juga menjamurnya drama-drama Korea dan film-film Korea dibanding beberapa puluh tahun di Indonesia. Drama korea ini sudah memiliki tempat di hati Penggemarnya khususnya para remaja cewek.

Penggemarnya ini terhimpun dalam sebuah kumpulan, maka kumpulan tersebut bisa disebut sebagai sebuah komunitas penggemar. komunitas adalah terdiri dari para anggotanya yang memiliki sebuah kesamaan pada suatu hal serta kesamaan tersebut yang membedakan mereka dengan para anggota dari komunitas lainnya. Jadi kesamaan itulah yang mengikat para anggota tersebut dalam sebuah komunitas.

Maka tidak perlu diherankan jika para penggemar juga berkeinginan untuk membentuk sebuah komunitas. Dalam komunitas itulah, para penggemar bisa bertukar segala informasi yang berkaitan dengan kegemaran mereka, berinteraksi dan bersosialisasi dalam pertemuan-pertemuan, bahkan bisa menjadi tempat ajang bisnis seperti bisnis merchandise yang spesifik pada kegemaran mereka tersebut dan sebagainya.

Banyak macam bentuk komunitas penggemar tersebut, ada yang berbentuk sebuah organisasi formal lengkap dengan struktur mapan seperti adanya jajaran pengurus dan para anggotanya bersama aturan mainnya. Namun juga ada komunitas penggemar yang bersifat non formal, tidak memerlukan ada batasan-batasan tertentu, hanya mensyaratkan adanya kesamaan minat terhadap apa/siapa.

Para penggemar artis layar kaca dan lebar biasanya lebih spontan dan tergantung pada situasi tertentu seperti pada saat jumpa pers, pada saat promo film atau sinetron atau dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dan amal misalnya. Walaupun para artis layar kaca maupun layar lebar Indonesia belum seberuntung artis musik Indonesia, setidak-tidaknya masih ada upaya membentuk komunitas penggemar melalui dunia maya alias internet.

Internet ternyata memang memudahkan para penggemar membentuk komunitas dunia maya karena bisa memupus waktu dan jarak dalam berkomunikasi, bahkan merupakan sebuah wadah yang efektif dalam menjalin kebersamaan oleh para anggota dari berbagai kalangan dan profesi serta dari segala pelosok Indonesia, bahkan dunia. Kemudahan-kemudahan dan potensi begitu besar yang ditawarkan internet itulah membuat beraneka ragam komunitas dunia maya menjamur bak cendawan di musim hujan.

Di dunia maya, komunitas-komunitas penggemar membentuk komunitas-komunitas penggemar drama Asia termasuk para artisnya. Anda masih ingat dengan tayangan "Meteor Garden" yang dibintangi para personel band F4 yaitu Jerry Yan, Vic Chou, Ken Zhu dan Vanness Wu. Popularitas F4 itu memang dahsyat di berbagai negara termasuk Indonesia berkat popularitas tayangan drama Asia asal Taiwan itu.

Nah, Jerry Yan yang memerankan Dao Ming She dalam "Meteor Garden" itu ternyata sangat populer di Indonesia sehingga tidak heran jika kemudian terbentuk komunitas Jerry Yan Fans Indonesia (JYFI). Walau band F4 sekarang vakum, namun Jerry Yan yang sekarang sibuk bersolo karier masih populer di Indonesia. Buktinya kedatangan Jerry untuk konser di Jakarta beberapa waktu lalu masih disambut meriah.

Salah satu bintang drama Asia terpanas, tentu saja tidak bisa tidak lain adalah Rain. Popularitas artis drama Korea itu meledak di Indonesia berkat tayangan "Full House" di layar Indosiar pada tahun 2004. Saking populernya Rain, serial tersebut berulangkali ditayangkan di layar kaca Indosiar, bahkan sekali lagi kembali ditayangkan setiap Senin sejak 21 Januari 2008 ini. Popularitas Rain yang bernama asli Jung Ji Hoon itu mendorong pembentukan banyak komunitas penggemar, tidak terkecuali di Indonesia seperti halnya komunitas RainIndonesia.
Kehebohan-kehebohan yang ditunjukkan para anggota komunitas penggemar drama Asia memang dahsyat.

Tidak hanya itu, para penggemar drama Asia itu pula rela berbasah-basah menembus banjir dan menunggu dari siang sampai malam di Bandara Soekarno-Hatta sampai pesawat artis-artis drama Asia yang datang ke Indonesia. Para artis itu memang sengaja didatangkan Indosiar untuk mempromosikan drama tersebut yang rencananya ditayangkan di Indosiar dan juga untuk menemui para komunitas penggemar drama Asia.

Kehebohan-kehebohan mereka tidak sebatas ketika menyambut para artis drama Asia kesayangan mereka, namun juga antara sesama penggemar drama Asia tersebut. Seperti yang telah disinggung di atas bahwa komunitas adalah wadah untuk berkumpul dan berinteraksi, maka komunitas penggemar drama Asia juga sering berkumpul untuk bertemu muka, bahkan komunitas penggemar drama Asia di dunia maya.

Para penggemar drama Asia di forum internet Lautan Indonesia milik Indosiar walau sering berinteraksi di dunia maya, tetap saja ingin bertemu muka untuk lebih mengenal satu sama lain dan juga untuk menghangatkan hubungan mereka tersebut. Oleh karena itu, mereka menyelenggarakan pertemuan temu muka sesama anggota yang diistilahkan dengan 'kopdar' (kopi darat) beberapa waktu lalu di Dunia Fantasi. Yang menarik karena salah satu anggota komunitas tersebut baru kembali dari Cina, begitu mendarat di bandara langsung menuju ke tempat terselengara kopdar itu.

Jadi dapat dikatakan bawa tayangan-tayangan yang populer dan begitu intens di layar kaca Indonesia seperti halnya drama Asia dan sebagainya selalu akan mendorong terbentuknya komunitas penggemar karena kesamaan minat terhadap tayangan tersebut maupun bintangnya, tidak hanya di dunia nyata, melainkan juga di dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar